PENUGASAN TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR
Tugas terstruktur merupakan sebuah rangakaian tugas yang diberikan guru kepada peserta didik dalam upaya mengatrol atau meningkatkan pemahamannya terhadap suatu materi pelajaran yang sedang di pelajari baik dalam bentuk tulis maupun prakarya yang bersifat mandiri, artinya peserta didik sendiri yang mengerjakannya, sedangkan tugas tidak terstruktur merupakan serangkaian tugas yang diberikan guru kepada peserta didik untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan nalar siswa dalam memahami suatu materi pelajaran, yang mana dalam proses pengumpulan tugas ditentukan oleh waktu yang cukup lama, sehingga dapat disimpulkan bahwa tugas yang tidak dapat dikerjakan dalam satu tatap muka dalam sehari maka guru perlu membuat catatan administrasi yang berupa tugas tidak terstruktur.
Berikut ini adalah contoh format penulisan kelengkapan administrasi guru dalam membuat tugas terstruktur dan tidak terstruktur;
CONTOH FORMAT PROGRAM PENUGASAN
TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR
Nama Sekolah :
Kelas :
Tema\Mapel :
MUATAN
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR
|
PENUGASAN TERSTRUKTUR
|
KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
| ||
SBdP
|
3.4
|
Mengetahui teknik potong,
lipat, dan sambung
|
Karya Mosaik
|
3.4.1
|
Mengidentifikasi teknik dasar dalam memotong, menempel, melipat dan menyambung
|
Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok besar untuk mempersiapkan alat dan bahan serta desain awal karya mosaik.
| |
4.4
|
Membuat karya dengan
teknik potong, lipat, dan
sambung.
|
4.4.1
|
Siswa mempraktikkan dalam menghasilkan sebuah hasil karya mosaik
|
Siswa menciptakan produk hasil karya dalam teknik memotong, menempel, melipat dan menyambung dalam karya mosaik.
| |||
Bahasa
Indonesia
|
3 .4
|
Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
Menyebutkan dan membuat kesimpulan tentang makhluk hidup
|
3.4.1
|
Mengidentifikasi ciri- ciri makhluk hidup pada sebuah bacaan.
.
|
Siswa diberikan tugas Menuliskan dan menjelaskan tahapan pertumbuhan tanaman yang berkembang biak dengan biji.
| |
4.4
|
Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulismenggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.2
|
Membuat kesimpulan tentang ciri- ciri makhluk hidup berdasarkan teks bacaan.
|
Siswa diberi tugas mencari tanaman yang berkembangbiak dengan biji.
| |||
PKN
|
3.4
|
Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
|
Keberagaman individu di lingkungan sekitar
|
3.4.2
|
Menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah
|
Siswa diberikan tugas menjelaskan dan mempraktekkan ekpresi dalam menghargai perbedaan kesukaan.
| |
4.3
|
Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
|
4.4.2
|
Menceritakan pengalaman keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan di rumah.
|
Siswa diberikan tugas secara kelompok menuliskan contoh-contoh sikap saling menghargai perbedaan di rumah dan di sekolah.
|
Malang,
Kepala SD Guru Kelas III
………………………………………. ………………………………
Bisa digunakan gan,,
BalasHapus