Kurikulum
2013
Kompetensi
Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
1.
No
|
Muatan
|
KD
|
Alasan Penggabungan
|
Nama Tema
|
1
|
B.Indonesia
|
3.8
Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8
Menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diharapkan dengan informasi
yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
|
Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan
kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan B.Indonesia
dapat ditampilkan teks nonfiksi tentang menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Pada muatan IPA siswa dapat melakukan kegiatan menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan melalui teks teks bacaan non fiksi secara lisan, tulis dan visual.
Selain itu pada muatan IPS dapat ditampilkan bacaan non fiksi mengenai cara
makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan mengenai perubahan sosial
budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. Dari bacaan tersebut siswa
dapat menganalisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi
bangsa Indonesia sebagai bentuk cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan. Pada muatan SBdP siswa dapat menampilkan tari kreasi daerah
sebagai bentuk perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia.
|
Lingkungan Tempat Tinggalku
|
2
|
IPA
|
3.3
Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
4.3
Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber
|
||
3
|
IPS
|
3.2
Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia.
4.2
Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka
modernisasi bangsa Indonesia.
|
||
4.
|
SBdP
|
3.3
memahami penampilan tari kreasi daerah
4.3
menampilkan tari kreasi daerah
|
2.
No
|
Muatan
|
KD
|
Alasan Penggabungan
|
Nama Tema
|
1
|
B.Indonesia
|
3.1
Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang
didengar dan dibaca
4.1
Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan
atau wawancara yang diperkuat oleh bukti
|
Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan
kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan IPA siswa
melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
selanjutnya pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan teks laporan hasil
pengamatan hasil percobaan dalam bentuk lisan maupun tulis. Saat melakukan
percobaan dapat berhubungan dengan muatan matematika karena melakukan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan
bulat negatif dalam menghitungrangkain listrik sederhana secara seri dan
paralel.
|
Energi Listrik
|
2
|
IPA
|
3.4
Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana
4.4
Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
|
||
3
|
Matematika
|
3.2
Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.
No
|
Muatan
|
KD
|
Alasan Penggabungan
|
Nama Tema
|
1
|
B.Indonesia
|
3.9
Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks
fiksi
4.9
Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan
penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual
|
Karena apabila dikaitkan dari
keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan
berhubungan. Pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan teks fiksi tentang
Sejarah Kerajaan di Indonesia tokoh serta penceritaan penulis dalam teks
fiksi secara lisan, tulis, dan visual yang berhubungaan dengan muatan IPS
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.. Dengan
mempelajari tentang sejarah siswa juga dapat sekaligus menelaah serta
mengampanyekan manfaat keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
|
Keanekaragaman Budaya
|
2
|
IPS
|
3.2
Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis
mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
|
||
3
|
PKn
|
3.3
Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
4.3
Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
|
4.
No
|
Muatan
|
KD
|
Alasan Penggabungan
|
Nama Tema
|
1
|
B.Indonesia
|
3.4
Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana
4.4
Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan
visual dengan menggunakan aspek: apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif
|
Karena
apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat
digabungkan dan berhubungan. Pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan
informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana serta
memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. Berhubungan
dengan muatan IPS buku sejarah tentang persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. Sehingga siswa
dapat Menelaah persatuan dan kesatuan
terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya pada muatan PKn.
|
Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia
|
2
|
IPS
|
3.4
Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan
upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4
Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan
kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
|
||
3
|
PKn
|
3.4
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
beserta dampaknya
4.4
Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa
dan bernegara beserta dampaknya
|
5.
No
|
Muatan
|
KD
|
Alasan Penggabungan
|
Nama Tema
|
1
|
PPKN
|
3.3 Memahami
manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.6
Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
|
Karena apabila dikaitkan dari
keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan.
Pada muatan PPKN dapat ditampilkan manfaat keanekaragaman
sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di
Indonesia
serta saling ketergantungan dalam membangun
kehidupan kebangsaan.
Berhubungan dengan muatan bahasa Indonesia menggali buku sejarah/teks informasi
dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan,
serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih menguraikan isi teks penjelasan
(eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran
panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku. Disambungkan
dengan matematika mengenal diagonal ruang dan
diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana dan memecahkan masalah sederhana melibatkan
juring, busur, prisma,silinder, piramida, atau kerucut. Yang dihubungkan dengan IPA melalui bentuk benda hubungan
antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui
pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Belajar berwirausaha
|
2
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab
perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya,
serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
||
3
|
Matematika
|
3.6
Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
3.8 Memecahkan masalah sederhana melibatkan
juring, busur, prisma,silinder, piramida, atau kerucut.
|
||
4
|
IPA
|
3.5
Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat
pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
6.
No
|
Muatan
|
KD
|
Alasan Penggabungan
|
Nama Tema
|
1
|
PPKN
|
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman
sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di
Indonesia
|
Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan
kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan B.Indonesia dapat
ditampilkan teks laporan investigasi tentang ciri
khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan
bantuan guru dan teman. Pada muatan IPA siswa dapat melakukan kegiatan
menganalisis membedakan campuran dan larutan
melalui pengamatan.
Selain itu pada muatan Matematika dapat ditampilkan kuesioner/lembar
isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi
tertentu disambung dengan kuesioner/
lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi
tertentu, yang mana keempat mapel
masih dalam satu muatan tema 6
|
Lingkungan Masyarakat sehat
|
2
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Menggali informasi dari teks laporan
investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih
|
||
3
|
Matematika
|
3.11 Memahami
kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan
informasi tertentu
3.12 Memahami
kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk
mendapatkan informasi tertentu
|
||
4.
|
IPA
|
3.4 Membedakan campuran dan larutan
melalui pengamatan
|
KTSP
Standar
Kompetensi
B.Indonesia
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
IPA
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
4. Memahami
pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
IPS
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan
alam dan keadaan sosial negara-negara di
Asia Tenggara, serta benua-benua
SBdP
Seni Musik
3. Mengapresiasi seni musik
No
|
Mata Pelajaran
|
KD
|
Alasan Penggabungan
|
Nama Tema
|
1
|
Bahasa Indonesia
|
2.1 Menyampaikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
|
Hal ini dikarenakan pada mata
pelajaran bahasa Indonesia memberikan konten berbicara dan pada KD
menyampaikan informasi atau pesan yang di dapatkan berbagai media, yang mana
sifatnya secara umum yang dapat digabungkan pada mata pelajaran yang lain
seperti IPA, IPS dan Seni Budaya.
Selanjutnya pada IPA terfokus pada makhluk hidup dan proses kehidupan
pada SK, dan pada KD mengidentifikasi jenis hewan dan mendiskripsikan
pentingnya pelestarian jenis makhluk
hidup yang mana dalam Negara Indonesia sangat beragam pada setiap wilayang
yang ada, di susul dengan mata
pelajaran IPS yang membahas tentang pekermbangan wilayah Indonesia
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga, yang
mana dalam mata pelajaran Seni Budaya juga dapat merujuk pada berbagai ragam
musik daerah Nusantara dan Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai
ragam musik daerah Nusantara. Sehingga dari keempat mata pelajaran yang
berbeda dapat di keterkaitkan satu dengan yang lainnya sesuai dengan materi
yang akan dibahas.
|
Keanekaragaman budaya
|
2
|
IPA
|
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan
dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan
Alam dan kehidupan masyarakat
|
||
3
|
IPS
|
1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan
sosial negara-negara tetangga
1.3
Mengidentifikasi
benua-benua
|
||
4
|
Seni Budaya
|
3.1 Mengidentifikasi berbagai
ragam musik daerah Nusantara
3.2 Menampilkan sikap apresiatif
terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara
|
Perbandingan antara Kurikulum 2013
dan KTSP
No
|
Perbandingan
|
|
KTSP
|
Kurikulum 2013
|
|
1
|
Memiliki Standar Kompetensi.
|
Tidak ada Standar kompetensi namun dirubah menjadi
Kompetensi Inti.
|
2.
|
Standar isi ditentukan terlebih dahulu melalui
permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi
Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006
|
SKL (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih
dahulu melalui permendikbud No 54 Tahun 2013, setelah itu ditentukan standar
isi yang berbentuk kerangka dasar kurikulum, yang dituangkan dalam
permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 tahun 2013.
|
3.
|
SKL (Standar
Kompetensi Kelulusan) lebih menekankan pada aspek pengetahuan.
|
SKL (Standar Kompetensi Kelulusan) menekankan pada peningkatan dan keseimbangan soft skills
dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan dan
pengetahuan.
|
4.
|
Tiap mata pelajaran
diajarkan dengan pendekatan yang berbeda
|
Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama
(saiuntifik) melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar
|
5.
|
Bermacam jenis konten
pembelajaran diajarkan terkait dan terpadu satu sama lain konten ilmu
pengetahuan diintegrasikan dan dijadikan penggerak konten pembelajaran
lainnya.
|
Tiap jenis konten pembelajaran diajarkan terpisah.
|
6.
|
Seni Budaya tetap terfokus dan berdiri sendiri pada bidang
yang ada dan belum melebur pada mata pelajaran yang lain (tematik)
|
SBdP dapat digabungkan dengan muatan pelajaran yang lain
misalnya dari bacaan non fiksi mengenai cara makhluk hidup menyesuaikan diri
dengan lingkungan mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi
bangsa Indonesia pada muatan SBdP siswa dapat menampilkan tari kreasi daerah
sebagai bentuk perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia.
|
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
|
Kompetensi
Inti dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar