Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 24 Agustus 2019

MENGANALISIS, MENENTUKAN TEMA DAN MEMBANDINGKAN KD PADA KTSP DAN KURIKULUM 2013


Kurikulum 2013
Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
1.       






No
Muatan
KD
Alasan Penggabungan
Nama Tema
1
B.Indonesia

3.8 Menggali informasi yang terdapat pada teks nonfiksi
4.8 Menyampaikan hasil membandingkan informasi yang diharapkan dengan informasi yang diperoleh setelah membaca teks nonfiksi secara lisan, tulis, dan visual
Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan teks nonfiksi tentang menyesuaikan diri dengan lingkungan. Pada muatan IPA siswa dapat melakukan kegiatan menganalisis cara  makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui teks teks bacaan non fiksi secara lisan, tulis dan visual. Selain itu pada muatan IPS dapat ditampilkan bacaan non fiksi mengenai cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. Dari bacaan tersebut siswa dapat menganalisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia sebagai bentuk cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Pada muatan SBdP siswa dapat menampilkan tari kreasi daerah sebagai bentuk perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.


Lingkungan Tempat Tinggalku






















2
IPA
3.3 Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber

3
IPS
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
4.
SBdP
3.3 memahami penampilan tari kreasi daerah
4.3 menampilkan tari kreasi daerah




2.       




No
Muatan
KD
Alasan Penggabungan
Nama Tema
1
B.Indonesia
3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca
4.1 Menyajikan simpulan secara lisan dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti

Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan IPA siswa melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel selanjutnya pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan teks laporan hasil pengamatan hasil percobaan dalam bentuk lisan maupun tulis. Saat melakukan percobaan dapat berhubungan dengan muatan matematika karena melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam menghitungrangkain listrik sederhana secara seri dan paralel.


Energi Listrik





















2
IPA
3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
3
Matematika
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari




3.




No
Muatan
KD
Alasan Penggabungan
Nama Tema
1
B.Indonesia
3.9 Menelusuri tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi
4.9 Menyampaikan penjelasan tentang tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual

Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan teks fiksi tentang Sejarah Kerajaan di Indonesia tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual yang berhubungaan dengan muatan IPS perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.. Dengan mempelajari tentang sejarah siswa juga dapat sekaligus menelaah serta mengampanyekan manfaat keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat

Keanekaragaman Budaya




















2
IPS
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.
3
PKn
3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi



4.




No
Muatan
KD
Alasan Penggabungan
Nama Tema
1
B.Indonesia
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif


Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. Berhubungan dengan muatan IPS buku sejarah tentang persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya. Sehingga siswa dapat  Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya pada muatan PKn.


Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia



















2
IPS
3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.

3
PKn
3.4 Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
4.4 Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya




5.
No
Muatan
KD
Alasan Penggabungan
Nama Tema
1
PPKN
3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
3.6 Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan



Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan PPKN dapat ditampilkan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia serta saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan. Berhubungan dengan muatan bahasa Indonesia menggali buku sejarah/teks informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. Disambungkan dengan matematika mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana dan memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma,silinder, piramida, atau kerucut. Yang dihubungkan dengan IPA melalui bentuk benda hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar berwirausaha






















2
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3
Matematika
3.6 Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
3.8 Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma,silinder, piramida, atau kerucut.


4
IPA
3.5 Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsikan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.




6.






No
Muatan
KD
Alasan Penggabungan
Nama Tema
1
PPKN

3.3 Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
Karena apabila dikaitkan dari keempat mata pelajaran dan kompetensi dasar dapat digabungkan dan berhubungan. Pada muatan B.Indonesia dapat ditampilkan teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman. Pada muatan IPA siswa dapat melakukan kegiatan menganalisis membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan. Selain itu pada muatan Matematika dapat ditampilkan kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu disambung dengan kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu, yang mana keempat mapel masih dalam satu muatan tema 6



Lingkungan Masyarakat sehat






















2
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
3
Matematika
3.11 Memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
3.12 Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu

4.
IPA
3.4 Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan

KTSP
Standar Kompetensi
B.Indonesia
2. Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
IPA
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan

IPS
1.  Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
SBdP
Seni Musik
3.         Mengapresiasi  seni musik



No
Mata Pelajaran
KD
Alasan Penggabungan
Nama Tema
1
Bahasa Indonesia
2.1  Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan benar

Hal ini dikarenakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia memberikan konten berbicara dan pada KD menyampaikan informasi atau pesan yang di dapatkan berbagai media, yang mana sifatnya secara umum yang dapat digabungkan pada mata pelajaran yang lain seperti IPA, IPS dan Seni Budaya.  Selanjutnya pada IPA terfokus pada makhluk hidup dan proses kehidupan pada SK, dan pada KD mengidentifikasi jenis hewan dan mendiskripsikan pentingnya pelestarian  jenis makhluk hidup yang mana dalam Negara Indonesia sangat beragam pada setiap wilayang yang ada, di susul dengan  mata pelajaran IPS yang membahas tentang pekermbangan wilayah Indonesia Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga, yang mana dalam mata pelajaran Seni Budaya juga dapat merujuk pada berbagai ragam musik daerah Nusantara dan Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara. Sehingga dari keempat mata pelajaran yang berbeda dapat di keterkaitkan satu dengan yang lainnya sesuai dengan materi yang akan dibahas.


Keanekaragaman budaya


2
IPA
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati  kepunahan
4.2 Mendeskripsikan  pentingnya pelestarian jenis makhluk  hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat

3
IPS
1.1     Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia
1.2      Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
1.3     Mengidentifikasi  benua-benua
4
Seni Budaya
3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara


Perbandingan antara Kurikulum 2013 dan KTSP
No
Perbandingan
 KTSP
Kurikulum 2013
1
Memiliki Standar Kompetensi.
Tidak ada Standar kompetensi namun dirubah menjadi Kompetensi Inti.
2.
Standar isi ditentukan terlebih dahulu melalui permendiknas No 22 Tahun 2006. Setelah itu ditentukan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) melalui Permendiknas No 23 Tahun 2006
SKL (Standar Kompetensi Lulusan) ditentukan terlebih dahulu melalui permendikbud No 54 Tahun 2013, setelah itu ditentukan standar isi yang berbentuk kerangka dasar kurikulum, yang dituangkan dalam permendikbud No 67, 68, 69, dan 70 tahun 2013.
3.
SKL (Standar Kompetensi Kelulusan) lebih menekankan pada aspek pengetahuan.
SKL (Standar Kompetensi Kelulusan) menekankan pada  peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan dan
pengetahuan.
4.
Tiap mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang berbeda
Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan yang sama (saiuntifik) melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar
5.
Bermacam jenis konten pembelajaran diajarkan terkait dan terpadu satu sama lain konten ilmu pengetahuan diintegrasikan dan dijadikan penggerak konten pembelajaran lainnya.
Tiap jenis konten pembelajaran diajarkan terpisah.
6.






Seni Budaya tetap terfokus dan berdiri sendiri pada bidang yang ada dan belum melebur pada mata pelajaran yang lain (tematik)
SBdP dapat digabungkan dengan muatan pelajaran yang lain misalnya dari bacaan non fiksi mengenai cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia pada muatan SBdP siswa dapat menampilkan tari kreasi daerah sebagai bentuk perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

7.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


Kompetensi Inti dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar